Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Kerja Secara Lengkap

Pemuda-riau.com, Contoh Surat Pengunduran Diri – Memiliki pekerjaan tetap dimana pemasukan selalu lancar dan pasti masuk kedalam rekening setiap bulannya adalah impian banyak orang, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, para pencari kerja harus berusaha keras untuk memilikinya, perbandingannya dapat dilihat dari hanya satu lowongan pekerjaan tersedia tapi yang melamar bisa ratusan orang. Banyak yang menilai bahwa memiliki pekerjaan tetap adalah suatu anugerah yang tiada tanding, namun hanya sedikit yang mengetahui bahwa di balik pekerjaan tersebut tersimpan beban baik fisik maupun pikiran yang dirasakan begitu beratnya.

Berbicara mengenai beban pekerjaan memang tidak akan bisa dilepaskan, terlebih jika jabatan yang dipegang pun tinggi menjulang pastilah tinggi beban kerja juga akan sepadan dengan itu. Beragam faktor tingginya beban kerja pun tidak hanya bisa dilihat dari jabatannya saja, tapi juga dapat dilihat melalui permintaan konsumen yang tinggi hingga adanya kekosongan jabatan rekan kerja yang akhirnya pekerjaannya dilimpahkan ke orang lain tanpa mencari orang baru.

Nah, dengan beban kerja yang tinggi inilah cukup banyak orang atau karyawan yang akhirnya memutuskan untuk berhenti atau resign dari pekerjaannya, terlebih jika beban kerja tersebut tidak sebanding dengan gaji serta fasilitas pendukung (asuransi, makan, transport) yang didapatkannya dalam satu bulan penuh.

Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri

Coba deh para pekerja, mana yang pernah mengalami masalah seperti diatas dan akhirnya memutuskan untuk resign atau berhenti dari pekerjaannya? Coba yuk diangkat tangannya!

Kalau kamu pernah mengalami kejadian atau masalah seperti diatas dan sudah resign serta telah mendapatkan pekerjaan baru, semoga lebih tenang dan nyaman ya. Namun, jika kamu masih bertahan karena terpaksa walaupun mengalami masalah terkait beban kerja seperti yang dijelaskan diatas, ada baiknya coba berpikir untuk resign tapi perlu diperhatikan bahwasannya kamu harus punya opsi tempat kerja lain yang akan menerima dalam waktu cepat atau setidaknya punya tabungan yang bisa dijadikan pegangan semasa masih mencari pekerjaan yang baru.

Baca juga :

  1. Contoh Surat Perintah
  2. Contoh Surat permohonan
  3. Contoh Surat Lamaran kerja

Jika sudah siap berhenti dari pekerjaan atau resign, jangan asal pergi dulu, sebab kamu harus membuat surat pengunduran diri kerja tetap terlihat baik di mata perusahaan. Nah, ada beberapa hal tentunya yang harus diperhatikan juga sebelum membuat surat pengunduran diri kerja (resign) antara lain, alasan kenapa berhenti kerja (resign) dengan jelas dan singkat, dalam menulis surat pengunduran tinggi gunakan kalimat yang sopan serta cantumkan identitas diri kamu, jangan lupa untuk mengucapkan permintaan maaf atas kesalahan yang pernah diperbuat selama bekerja dan berterima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan selama ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Gimana, sudah paham kan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam surat pengunduran diri kerja atau surat resign? Kalau sudah, yuk beralih ke beberapa contoh penulisan surat pengunduran diri yang mungkin bisa jadi referensi kamu dalam menulisnya nanti. Langsung saja simak di bawah ini ya!.

Contoh Surat Pengunduran Diri
SURAT PENGUNDURAN DIRI
 
Bandung, 22 Juni 2020
Kepada Yth,
Direktur Adikarya Corporations
Jl Manggis Raya No 101, Bandung.
 
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini:
     Nama     : Tarina Kusumawati
     NIK        : 222990xx
     Jabatan  : Manager Human Resource Development (HRD)
     Alamat   : Jln Cipta Raya Timur No 11, Jakarta
 
Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan human resource development (HRD) di perusahaan Adikarya Corporations, terhitung sejak tanggal 23 Juli 2020.
 
Sebelumnya, saya ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu dan seluruh jajaran perusahaan karena telah diberikan kepercayaan dan kesempatan untuk bekerja dengan profesional selama ini. Saya juga ingin berterima kasih atas bimbingan yang telah diberikan  baik secara langsung maupun tidak.
 
Saya juga ingin memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi dapat menjadi bagian dari perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Semoga perusahaan Adikarya Corporations yang Bapak/Ibu pimpin ini dapat semakin maju ke depannya.
 
Demikian, surat pengunduran diri ini saya buat atas keinginan sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.
 
Hormat saya,
 
Tarina Kusumawati
Surat Pengunduran Diri dari kerja
Kepada Yth,
HRD
PT Alami Kreasindo Sejahtera
 
Assalamualaikum Wr Wb,
 
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
          Nama      : Yudhistra Putra Mahendra
          NIK         : 11111xxxx
          Jabatan   : Staff Keuangan
          Alamat    : Jl Lenteng Surya No 77 Jakarta
 
Menyatakan dengan ini sesungguhnya bahwa mulai dari tanggal 23 Juli 2020, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Staff Keuangan di PT Alami Kreasindo Sejahtera. Pengunduran diri ini saya ajukan karena adanya tawaran pekerjaan di tempat lain yang saya nilai dapat lebih mengembangkan kemampuan saya baik secara hard skill maupun soft skill.
 
Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan selama ini kepada saya untuk mengembangkan ilmu dan mengelola keuangan di PT Alami Kreasindo Sejahtera.
 
Tak lupa juga saya memohon maaf apabila selama saya bekerja di PT Alami Kreasindo Sejahtera, terdapat hal-hal yang kurang berkenan telah dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja.
 
Saya berharap dan berdoa agar PT Alami Kreasindo Sejahtera dapat menjadi perusahaan yang lebih sukses dan maju lagi kedepannya.
 
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
 
Wassalamualaikum Wr Wb.
 
Jakarta, 20 Juli 2020
Hormat saya,

Yudhistra Putra Mahendra

Nah demikianlah kira-kira contoh penulisan surat pengunduran diri yang benar dan sopan dimana bisa jadi referensi kamu jika ingin mengundurkan diri dari tempat kerja yang sekarang ya. Pastikan kamu tetap mengikuti prosedur pengunduran diri (resign) dengan baik agar citramu di perusahaan lama dan di perusahaan baru nantinya akan tetap baik.

  • Add Your Comment