Cara Menggunakan Paste Special Excel Dan Pengertian

Pemuda-riau.com – Paste Special Excel – Apakah Anda mengetahui tentang kegunaan paste special Excel? Tentunya tidak jarang bagi kita sendiri yang pernah mempergunakan aplikasi angka seperti Excel ini, karena memanfaatkan tools yang satu ini. Ada banyak manfaat yang nantinya akan diperoleh oleh Anda jikalau Anda mempergunakan tools yang satu ini.

Jika dibandingkan dengan paste biasa yang sering dipergunakan sampai dengan saat ini tools yang satu ini memiliki kelebihannya sendiri. Tapi pada Excel sendiri pilihan paste special yang sudah tersedia tersebut memiliki jumlah yang lebih banyak ( lengkap) jika dibandingkan dengan paste special yang terdapat di PowerPoint dan word. Kali ini penulis akan memberikan pilihan-pilihan yang tersedia di dalam tools paste special  beserta bagaimana cara mempergunakan Paste special Excel.

Pengertian paste special Excel

Paste special excel merupakan salah satu daripada fokus atau fitur yang ada di dalam aplikasi Excel dan nantinya akan muncul jikalau Anda melakukan pengkopian atau penyalinan terhadap data yang terdapat di array/sel  ke sel/array  yang lainnya dalam sebuah sifat yang berbeda ataupun sama pada aplikasi Excel Anda.

Baca juga : Shutter Speed

Ini mengartikan apakah paste special Excel ini sama dengan paste Excel biasa? Jikalau dilihat dari pengertiannya memang memiliki kesamaan, karena fungsinya sama-sama untuk menyalin sebuah atau beberapa data. Tapi jikalau dilihat secara jelas perbedaannya Akan terdapat pada segi pilihan. 

Contoh penggunaan paste Excel biasa yang menghasilkan error

Semisal saja apabila Anda melakukan copy nilai yang sama dari sel E3  hingga E6  yaitu 77, 5;90; 77,5; dan 85. Kemudian Anda dapat melakukan penyalinan atau paste ke sel l3 dan l6. sel E3 yang nantinya akan membuat rumus =AVERAGE(B3:C3)  ini mengartikan jikalau nila E3 tersebut memang dihasilkan dari perhitungan rata-rata antara B3 dan C3. Yang mana akan menghasilkan nilai 77,5. 

Hal terjadi juga pada perhitungan rata-rata antara E4 sampai dengan E6, yang mana rumus didalamnya terpedomani dengan penggunaan E3, walaupun memang memiliki referensi sel yang cukup berbeda antara satu dengan yang lainnya. Apabila secara seksama Anda perhatikan tipe data yang dipergunakan pada sel E3:E6 Sendiri merupakan tipe data angka.

Paste Special Excel

Setelah itu Anda dapat menyalin data yang terdapat pada sel E3:E6 dengan cara menekan tombol shortcut untuk melakukan copy kemudian ada dapat melepaskan sel l3:l6 dengan cara yang sama ketika Anda melakukan penekanan tombol shortcut untuk paste data.

Kemungkinan besar hasil yang akan ditampilkan adalah pesan error. Hal ini terjadi dikarenakan pasti yang Anda lakukan terhadap rumus tadi, sama persis dengan yang ada di sel E3 sampai dengan sel E6, tapi dengan penggunaan referensi sel yang berbeda. Contoh ini mengartikan jikalau itu  merupakan sebuah nilai ( yang ter paste tadi) adalah =AVERAGE(F3:G3).  Sehingga nantinya pesan error akan muncul dikarenakan F3 dan G3  tersebut memiliki nilai yang kosong atau tidak ada.

Bisa dikatakan kalau contoh tersebut  melakukan  paste secara tidak tepat,  untuk kemudahan Anda dapat menghasilkan nilai yang diinginkan maka Anda dapat mempergunakan paste special. Perbedaan antara paste special Excel dengan excel biasa terdapat pada saat Anda melakukan penyalinan data dengan mempergunakan pastel, maka perolehan daripada hasil yang terdapat di sel tujuan adalah format lengkap sel asal misalnya saja format sel, rumus formula, comment, walaupun memang paste spesial ini memang berguna sekali untuk menyalin menyesuaikan dengan pilihan yang nantinya akan Anda pilih.

Demikian adalah alasan tentang paste special, semoga informasi diatas dapat bermanfaat

  • Add Your Comment